Monday, March 14, 2011

Mudik 2010 n Nikahan Mbak...

Tanggal 13-21 Nov 2010 kemaren kami sekeluarga mudik Lebaran Idul Adha
Mudik Idul Fitrinya di extend sampe Idul Adha alasannya karena ngebarengin mudiknya sekalian pas mbak Vivi nikah biar ga bolak-balik pulkamp
Maklum skrg kalo pulkamp udah 4 tiket orang dewasa euy...Aku, Hasna, Ayahnya Hasna n Budhe alias pengasuhnya Hasna...lha kalo PP kan udah 8 tiket...berat diongkos nanti hahahahaha (*lebay yaaa )

Tanggal 13 jam 4 pagi dah berangkat dari rumah, sengaja pilih penerbangan paling pagi untuk Jakarta-Malang, selain karna biar ga kena macet juga biar ntar nyampe Malang masih pagi jadi masih bisa sarapan pecel di Malang

Alhamdulillah jam 8 dah nyampe Malang n dirumah ibu udah nyiapin Pecel Malang
Sore harinya Budhenya Hasna aku persilahkan untuk langsung melanjutkan perjalanan ke Lumajang dengan naik travel, karena aku mo liburan dulu di Malang

Di Malang jalan2 keliling tak lupa juga untuk menyempatkan nyambangi sekolah tercinta

Dan Hasna untuk pertama kalinya juga maen kesawah
Jadi waktu liburan kemaren kita ke rumah budhenya Ayah yang di Singosari
Nah rumahnya itu deket sawah
Waaahhh sueneng buanget Hasna ngeliat sawah langsung
Plus juga nyemplung ke sungai yang deket sawah itu
Hasna n Ayah mandi n basah2an main air n nyari ikan kecil2 juga
Aku nungguin aja di pondok yang ada disawah
Damaiii banget rasanya waktu itu
Sore yang cerah, angin semilir, duduk di pondok disawah sambil ngeliat suami n anak lagi maen2an...perfect lah...
Ilang semua rasanya beban

Sama kayak lagunya Tasya yang "Paman Datang" pokoknya

"Mandi di sungai turun ke sawah menggiring kerbau kekandang"

Eh yang menggiring kerbaunya enggak ding, gak punya kerbau, cuman ngeliat kerbau aja

Sayang fotonya blom bisa diupload
Masih di HPnya ayah fotonya
Ntar insya Allah diupload deh

Oh iya, di liburan kemaren itu juga, untuk pertama kalinya aku pergi ke salon untuk nge-SPA
Hahahaha....udah setuwa gini baru pertama kalinya SPA...hehehe iya
Maklum dari dulu aku emang ga ada bakat n minat untuk menjamah satu tempat yang bernama "salon"
Jadi waktu itu ayah ngasih aku waktu buat "Me Time", aku disuruh ke salon, terserah mau perawatan apa aja, dari ujung rambut sampe ujung kaki silahkan, dibayarin deh sama ayah...nahhh selama aku disalon ayah akan ngajak Hasna berenang di kolam renang sebelah MATOS, kalo ga salah namanya PlayGround
Jadiii selama aku memanjakan diri, Hasna juga lagi dimanjakan oleh ayahnya, berenang, mandi bola n arena permainan lainnya yang ternyata lumayan lengkap katanya disana mainannya

Ga brasa hampir 6 jam aku nyalon, lha dari jam 9 pagi sampe hampir jam 3 sore, itupun juga karena udah ditelponin sama ayah, kok ga slese2 ini istrinya...padahal katanya ga seneng nyalon...Ayah udah lama nungguin di MATOS, Hasna aja udah sampe ketiduran

Slesai dari salon aku langsung nyusul Ayah ke MATOS, maem n jalan2 bentar disana

Hari Selasa sore 16 Nov, kita melanjutkan perjalanan mudik ke Lumajang
Bertiga naik travel menuju Lumajang...Alhamdulillah diperjalanan selama ke Lumajang Hasna ga rewel...
Nyampe rumah, ternyata dirumah udah ruame orang n udah suibuk untuk persiapan nikahannya Mbakku, padahal nikahnya baru 2 hari lagi
Kalo di kampung mesti gitu pasti seminggu ato lebih sebelum acara, tetangga2 sudah pada "mrabot"

Rabu 17 Nov, Idul Adha...
Tahun ini aku lagi2 kembali ga ngikut Sholat Ied
Rumahku di Senduro berjarak gak lebih 15 meter dari Masjid
Tapiii walopun ke Masjid cuman tinggal selangkah aja, aku masih tetep ga nututi buat Sholat Ied lha gimana enggak, di Masjid udah bilang "10 menit lagi akan dimulai Sholat Iednya"
Tapi aku masih blom mandi
Kebawa hawa Jakarta, kalo di Jakarta kan Sholat Ied biasanya dimulai jam 7 ato stengah 8
Lha di kampungku jam 6 kurang udah mulai
Makanya salah perhitungan tadi, mana Hasnanya juga blom bangun
Akhirnya ayah yang aku suruh mandi cepet2 trus buru2 ke Masjid
Pas Iqomah pas ayah berangkat, dapet Shofnya juga di depan rumah
Kalo Sholat Ied mesti jumlah jamaahnya meluber sampe di teras rumah

Aku udah buru2 mandi eh ternyata masih ga nututi Sholatnya jadi ya wis lah

Abis itu kita langsung ke rumahnya Lek Hur buat ngambil Kambingnya Hasna untuk dianter ke Masjid
Kita ngenalin n njelasin ke Hasna tentang makna Qurban
Seneng dia diajak ke Masjid, karena ngeliat banyak Kambing n Sapi
Ketika Kambingnya disembelih Hasna teriak2 "bedayah -dayah...bedayah-dayah" alias kambingnya mengeluarkan darah hehehe

Abis dari Masjid, kita balik ke rumahnya Lek Hur lagi, maen2 disana, dirumahnya banyak hewan2 peliharaan
Suenenggg buanget Hasna, bisa melihat langsung dengan dekat hewan2 yang ada
Ada Kambing, Ayam, Kelinci...semuanya dideketin sama dia, dilihat dari deket, bahkan dia berani megang, lha aku emaknya aja emoh megang hehehe

Besoknya, 18 Nov alias 11 Dzulhijjah
Jam 6 pagi mbakku udah mulai dirias, karena akad nikahnya jam 8 pagi
Aku lihat dia nervous, jelas lah yaaa... aku dulu kan juga gitu hehehe

Oh iya, kalo dilihat di penanggalan Hijriah, nikahan mbakku ini bertepatan persis sama kayak tanggal nikahanku juga 3 tahun sebelumnya
Aku nikah 11 Dzulhijjah 1429H sedangkan mbakku 11 Dzulhijjah 1432H sama2 sehari setelah Idul Adha
Menikahnya pun di tempat yang sama Masjid Baitussalam Senduro, Bapak kami sendiri yang menikahkan

Alhamdulillah...akhirnya mbakku melepas masa lajangnya, suaminya mengucapkan Ijab Qabul dengan lancar
Ahhh jadi terharu aku n ga brasa netes juga air mata walo sudah nyoba untuk nahan
Selesai Ijab Qabul, aku peluk mbakku dengan erat, aku ucapkan selamat padanya, sekaligus minta maaf jika selama ini aku mempunyai salah padanya

Berikut sedikit foto2 akad nikah mbakku




















Foto sama ibu















Foto sama bapak

Loh, lha terus Hasna mana???
Kok ga ada foto sama Hasna???
Walahhh...sewaktu prosesi akad nikah ini, aku udah gatau dimana rimbanya Hasna
Lha dia udah lari-larian kesana-sini
Sodara2 ngumpul semua, banyak sepupu, banyak ponakan jadinya Hasna banyak yang jagain n ngajak maen...
Hasnanya juga seneng banget karena sodaranya buanyakkk

Sewaktu mau foto itu pun aku udah nyoba buat nyariin Hasna, manggil2 Hasna, tapi tetep ga ketemu, akhirnya ya wis lah foto tanpa Hasna

Selesai akad nikah, pulang kerumah...nyariin Hasna, Alhamdulillah ketemu, tapi udah dengan penampilan yang amburadul, udah kumus2 n keringetan dianya...lha gimana enggak, kata sepupu2nya dia lari2an terus
Nih penampakannya...




















Jilbabnya udah entah kemana, rambutnya udah merah karena kepanasan n semakin kriwul, kebayanya udah gak karu2an

Acara resepsi mbakku diadakan di Pondok Asri sekitar jam 1 siang
Jadinya abis akad kita juga ga punya waktu lama buat persiapan resepsi
Aku n ayah didandanin juga buat dijadikan pendamping manten, jadi pendamping mantennya, selain orang tua, juga sodara dari si manten

Nahhh yang lucu ya ayah ini, dulu sewaktu kita jadi manten dia itu cerewet buanget waktu didandani, ga boleh dimake up ini n itu, ga mau pake ini n itu
Tapiii...waktu nikahannya mbakku ini, dia pasrah aja didandani, walo ya masih teteup juga se cerewetnya, gak mau ini itu, tapi sik sedikit melunak hatinya walopun "mecucu" terus dianya
Lha dia juga dipakein jarit plus keris hahahaha lucu deh penampakannya, kalo kata Fanny adeknya ayah, ayah kayak Kartoloan

Jam stengah 12an kita udah siap semua, n berangkat menunju Pondok Asri
Ehhh dalam perjalanan menuju sana, didalam mobil Hasna kok merengek2 minta nenen..."Nenen...nenen...nenen..." sambil mengeluarkan jurus memelas n nangis...walah, lha gimana ini, aku udah pake kebaya n udah pake jarit juga, jadi ya ga bisa kalo mo nenenin Hasna, emang se seingatku, seharian itu dia baru sekali nenen, jadi ya wajar kalo skrg minta nenen, kasian juga dianya....akhirnya dalam mobil, dipreteli lah kebaya n jaritnya untuk nenenin Hasna

Sesampainya di lokasi ternyata sodara2 udah mulai berdatangan juga
Selagi aku sibuk mbetulin kebaya n jarit, Hasnanya udah lari2an lagi, gak ada capeknya deh anak satu ini
Kebetulan tempatnya itu semi outdoor n ada tempat bermain untuk anaknya...wahhh yawis lah langsung lari kesana Hasna, main ayunan, jungkat-jungkit trus yang muter2 itu plus naik ke patung hewan2an mainan...

Sebelum dia keburu amburadul lagi penampilannya n sebelum kumus2 juga
Aku n ayah meminta mbah Kungnya Hasna untuk memfoto kami bertiga, tapiii...susaaahhh banget ngajak foto Hasna saat itu, dia udah keburu2 pengen maen...diajak foto maunya kabur mulu, teriak2 gak mau foto, akhirnya hasilnya ya seadanya deh...lagi2 aku cuman foto berdua aja ma ayah
Jadinya ya gini deh hasilnya














Saat acara mo mulai, aku n ayah udah di posisi sebelah "Kuade" alias pelaminan n tamu dah mulai berdatangan, Hasna membuat heboh lagi, dia gulung2 n lari2an sambil teriak2 didepan pelaminan plus juga naik2 ke atas pelaminan ngeliat n pegang2 mbakku yang jadi manten...walahhh ndukkk...gak capek apa kamu, tenaganya kok ya sik 100% gitu, padahal saat itu kan udah jamnya dia bobo' siang
Dan demi ketertiban n kelancaran acara, aku ngasih kode ke budhe alias pengasuhnya Hasna untuk segera mengamankan Hasna
Akhirnya Hasna pun diangkat n digendong sama budhenya keluar ruangan n diajak maen ke tempat maen yang tadi plus di "ndung2" supaya dia bobo'

Alhamdulillah acara berjalan lancar, tamu undangan buanyak yang dateng...tamu2 penting ibu pun iku dateng, dari mulai Bupati, Camat sampe Bos2 dikantornya ibu juga dateng

Ga ikut jadi manten tapi aku n ayah brasa jadi manten lagi, lha gimana enggak 2 jam berdiri n bersalaman dengan tamu2 undangan plus masih harus nyengir ngasih senyum manis, kering deh gigi2ku hehehe, cuapekkk pokoknya

Oh iya ini ada fotonya Hasna sewaktu abis gulung2 di pelaminan itu




















Udah gak karu2an lagi kan penampilannya dan itu foto diambil saat dia masih diatas pelaminan lhooo

Daaannnn berhubung kami pengen punya Foto Keluarga bertiga (Ayah, Bunda n Hasna)
Akhirnya di crop deh fotonya Hasna tadi
Nih hasilnya




















Lumayan kaaannn, gak begitu keliatan kalo hasil sotosop

Plus juga nge crop foto bareng pengantennya















Masih keliatan hasil sotosopnya, tapi gapapalah hehehe...
Itu foto bareng keluarganya ayah...Mbah Kung, Mbah Yus, Tante Ani, Om Anton, Budhe Vivi, Bunda n Ayah
Plus yang didepan itu Hasna

Nah kalo yang ini foto bareng keluarga suaminya Mbak Vivi












Sekali lagi aku ucapkan Selamat kepada mbakku
Semoga menjadi Keluarga Sakinah, Mawaddah dan selalu dirahmati oleh Allah

Oh iya aku belum kasih foto pengantennya ya
Ini nih yang berbahagia




















Erny Vivi Anita dan Anthony Romadhona

Untuk Mas Anthon, aku titip mbakku yaaa, jaga dia baik2


Jumat 19 Nov
Kita masih dirumah Senduro
Hari itu kita rencananya mo keliling ke rumah Mbah2 n budhe2
Alhamdulillah Mbah2nya kita masih ada, jadi kalo mudik, mesti sowan ke rumah mbah2
Mbah disini artinya gak hanya orang tua dari orangtua kita tapi juga sodara dari mbah2nya kita...Mbah juga kan namanya

Sabtu 20 Nov
Hasna masih asyik maen sama sodara2nya...maklum ga pernah ketemu, sekalinya ketemu kok ya Alhamdulillah langsung akrab seneng rasanya

Minggu 21 Nov
Ga brasa liburan cepat berlalu
Hari itu kita udah harus balik ke Jakarta
Jam 5 pagi kita berempat (Aku, Hasna, Ayah n Pengsuhnya Hasna) naik travel menuju Malang karena kita ambil penerbangan dari Malang

Jam 9an Alhamdulillah udah nyampe rumahnya ayah di Malang
Masih sempet makan bakso yang enak itu dideket rumahnya Ayah

Dan jam 12an kita udah berangkat lagi menuju Bandara
Kalo lagi liburan, waktu emang brasa cepet yaaa...

Kapan ya mudik lagi???

No comments: