Friday, March 27, 2009

Cerita Lahiran

Mmm...mo cerita tentang proses lahiran nih...soale banyak yang nanya gimana proses lahiran kemaren...kebetulan temen2ku banyak yang lagi hamil n minta sharing gimana proses n rasanya...kurang lebihnya kayak gini nih ceritanya

9 Desember 2008
Mulai cuti dari kantor, ngambil cuti 2 minggu sebelum HPL karena diperkirakan dede' lahirnya maju melihat dari perkembangan dede' yang cepet banget trus juga pengen istirahat n mempersiapkan tenaga...
Mulai rajin jalan2 pagi tiap hari abis subuh...

Sampe mendekati tanggal HPL ga ada tanda2 dede' mo lahir...betah banget dede' didalam perut bunda, padahal tiap hari aku n ayah selalu nanya ke dede', dede' kapan lahirnya??? aku sempet mikir mungkin dede' lahirnya nunggu anniversarynya ayah n bunda (21 Desember 2007 - 21 Desember 2008)

23 Desember 2008 [Tanggal due date / HPL (Hari Perkiraan Lahir)]
Jam 6 pagi pinggangku brasa "sengkring-sengkring" dikit...aku mikir mungkin ini tanda2nya...aku catetin waktunya...sengkring2 ini ga begitu sakit n cuman sampe jam stengah 8 (2.5 jam) aja abis itu ga brasa lagi...aku mikir berarti ini bukan tanda2 mo lahiran...

24 Desember 2008
Dari pagi jalan2 ke Mall Ambassador n ITC Kuningan dengan perut udah melebihi bola basket gedenya jadinya di Mall diliatin aja ma orang2

Jam 14.00 pulang dari jalan2, blom brasa ada tanda2 lahiran...masih nyantai2...

Jam 16.00 berangkat ke RS JMC sama ayah (kemaren udah ngrencanain kalo hari ini mo kedokter), mo periksa n nanya ke dokter kok dede' blom ada tanda2 mo lahir...kata dokter semuanya OK n baik2 aja...tapiii yang dokter Anita kaget adalah BBnya dede', sabtu kemaren (20/12 ' 08) BB dede' ditimbang masih 3.3kg nahhh hari rabu itu BB dede' udah 3.6kg...3 hari naik 300gram, dokter Anita ngukur dede' berkali2...dipegang n diliat2 perutku masih ga percaya...
Aku cerita ke dokter kalo kemaren pinggangku sempet brasa sengkring2 tapi ga lama cuman 2.5 jam aja n sampe sekarang ga pernah brasa lagi...Setelah itu aku diperiksa dalam ma bliau n ternyata kata dokter Anita aku udah pembukaan 2...denger udah pembukaan 2 aku kaget, kok ga brasa apa2 ya???

Jam 18.30 aku diperiksa CTG, ini untuk mengetahui denyut jantungnya dede', normal / ga??? setelah diperiksa CTG kata dokter denyut jantung dede' normal n aku mo diobservasi alias diliat perkembangannya untuk kemungkinan nambah / enggaknya pembukaanku tadi...masih ga brasa apa2...

Jam 20.30 aku di CTG lagi n diputuskan untuk rawat inap di RS...ayah mesen kamar untuk aku n nelpon ayah ibunya untuk ke RS bawain koper yang isinya baju2 perlengkapan bersalin...waktu di CTG, sendirian di ruang observasi soalnya ayah masih ngurusin administrasi tadi...di ruang observasi ada 1 lagi ibu2 yang kayaknya lagi brasa kontraksi soalnya dia lagi teriak2...katanya air ketubannya dah merembes n brasa sakit perutnya, tapi dicek ma dokter ibu itu blom ada pembukaan sama sekali...wah kasihan banget...Alhamdulillah aku ga brasa apa2 walopun udah pembukaan...agak takut juga denger ibu sebelah udah ber ahh uhh ihh ehh merintih kesakitan...Alhamdulillah ga lama kemudian ayah dateng dari ngurusin administrasi tadi jadinya bisa nemenin aku deh...aku blom brasa apa2 juga...

Jam 22.00 setelah selesai periksa CTG yang kedua n hasilnya OK, aku dipindah ke kamar rawat...aku di infus n di oksigen, gatau kenapa mungkin biar nafasnya lebih lega n bisa mempersiapkan tenaga...dikamar rawat lebih enak sejuk n bisa santai liat TV bisa maem walopun cuman dikit (*dari sore blom maem...laperrr) plus lebih tenang karena ga denger ahh ihh uhh ibu yang kesakitan tadi...masih ga ngerasa apa2...sama suster dipesenin ntar kalo brasa sakit ato cairan infusnya mo abis disuruh manggil mereka...

Jam 23.00 ngantuk, mo bobo' tapi baru mau merem lha kok punggungku brasa sakit cekit2, dateng ilang dateng ilang cekit2nya, sakitnya juga kadang bisa nahan kadang enggak kalo udah ga bisa nahan aku nangis deh n megangin atau lebih tepatnya meremas tangannya ayah ...ayah ngelus2 punggungku...brasa enakan kalo digituin...tapi lama kelamaan kok tambah sakit n ga ada efeknya lagi belaian tangan ayah tadi...manggil suster supaya dicek...kata suster udah bukaan 3...
Ooo...tadi itu sakitnya pembukaan tho??? suster pesen kalo sakitnya udah brasa sekitar 2-3 menitan disuruh manggil lagi...

Jam 00.00 (tanggal 25 Desember 2008)
Cekit2ku udah sering banget, manggil suster lagi supaya dicek lagi... katanya udah pembukaan 4...aku langsung dibawa ke ruang bersalin sama susternya karena katanya lumayan cepet pembukaannya...diruang bersalin tambah sering aja sakitnya...mata ini udah ngantuk pengen bobo' tapi kalo sakitnya dateng aduh ampuuunnn...
tangan ayah ga pernah aku lepasin, aku udah ber ahh ihh uhh kesakitan...yang sakit tuh cuman punggungku aja anggota tubuh lainnya enggak...kalo sakitnya dateng punggungku rasanya kayak orang yang berdiri 7 hari 7 malem ga boleh duduk2...pegelll bangettt...
Aku (Ak) : Sakit yaaahhh
Ayah (Ay) : Iya sakit, sabar yaaa...
Ak : Iya tapi sakiiitttt...(tangan ayah aku pegang kuat2 buat nahan sakit)
Ay : Sabar ya...kalo sakit tandanya dede' ga lama lagi akan lahir...
Ayah ngelus2 rambut n dahiku sambil nuntun n bisikin aku kalimat2 dzikir...tasbih tahmid, tahlil, takbir tak lupa juga nuntun aku untuk terus beristighfar...
Ak : Sakiiittt yaaahhh...Iiihhh...(udah ga tahan sakitnya, tangan ayah mungkin udah aku "pluntir2")
Ak : Iiihhh...udah ga kuat yah...
Ay : Bunda yang sabar ya...ntar lagi dede' lahir...bunda sekarang sedang jihad...bunda pasti kuat kok...
Ayah dengan sabarnya masih terus nguatin aku n meyakinkan aku kalo aku itu kuat...n masih nuntun aku untuk terus berdzikir n beristighfar...
Aku udah brasa lemes n udah ga tahan pengen mengejan...sama suster masih blom boleh karena blom waktunya...aku capek nahan pengen ngejannya itu...aku nangis terus n sempet kepikiran pengen dioperasi aja, tapi aku ga bilang hal itu ke ayah...waktu ayah bilang kalo ini sedang berjihad aku mulai meyakinkan diriku kalo aku ini pasti kuat...
Dengan nafas udah ngos2an aku terus dzikir n istighfar dituntun ayah...
Ga lama kemudian ayah tiba2 panik n manggil suster n bilang kalo aku mimisan...waduh aku mimisan??? padahal aku ga pusing saat itu n juga aku udah dioksigen kok masih mimisan ya??? biasanya aku mimisan kalo aku lagi pusing banget
Jam berapa2nya aku pembukaan berapa aku ga ngerti, yang ngerti ayah, aku udah ga mikir apa2 saat itu...katanya waktu aku mimisan itu aku pembukaan 5 kalo ga salah...trus waktu pembukaan 7 sekitar jam 2 pagi air ketubanku pecah...kata ayah air ketuban pecah kayak kantung plastik berisi air trus dipecahin...byooorrr...

Jam 02.30 dokter Arju Anita dateng, dicek katanya aku udah pembukaan 8...masih disuruh "ngempet" kalo pengen ngejan...haduhhh susah banget...katanya kalo ngejan sekarang ntar jahitannya jadi banyak...
Waktu udah pembukaan 10 baru deh aku disuruh ngejan...
Pertama kali mengejan, aku ambil nafas trus aku mengejan...Ihhhh...dokter, suster2 n ayah trus support aku...ayo...ayo...ayo...
Mengejan kedua kali...aku ambil napas dalam2 eh lha kok trus aku hembusin lagi...aku lupa, kalo harus mengejan, aku masih keinget waktu masih senam hamil waktu latihan melahirkan dulu...abis ambil nafas trus dihembusin...dokter Anita bilang "Lho bu jangan dihembusin lagi, ayo mengejan lagi, ini udah bukan latihan lagi, udah beneran"
Ketiga kalinya, aku ambil nafas dalam2 trus sekuat tenaga aku mengejan...Iiihhhhhhh...hufh...hufh...diruang bersalin yang dingin itu aku keringetan n ngos2an nafasnya...semuanya masih nguatin aku n ngeyakinin kalo aku bisa...dokter bilang "Ayo bu sedikit lagi, itu kepalanya udah kliatan"...ayah n dokter Anita juga terus nuntun aku untuk terus berdzikir n beristighfar
Yang keempat...ambil nafas sedalam mungkin n aku mengejan sekuat2nya, ga lama kemudian terdengar tangisan dede' yang kenceng...Alhamdulillahhh...dede' dah lahir, tepat jam 03.05...
Kalo kata ayah, dede' keluarnya kayak loncat gitu "brull" hehehe...keluarnya bersama cairan2 n darah yang banyak...ayah sampe kaget n sedikit ngeri katanya...waktu aku lagi mengejan ayah juga ikut2an ngejan

Abis itu dede' ditaruh didadaku untuk IMD, antara percaya dan tidak aku ngeliat dede'...ayah bisikin aku "ini dede' bunda "...hangat banget rasanya waktu itu dadaku...badan dede' masih lengket dengan cairan2 yang dibawanya waktu lahir...tapi blom sampe dede' nemuin putting, suster udah ngambil dede' n tiba2 aja bagian "bawah"ku brasa sakit lagi...waktu itu ternyata aku pendarahan banyak trus lagi dijahit...

Capek banget rasanya waktu itu, semua tenagaku abis, kalo tadi waktu kontraksi rasanya punggung pegel kayak orang yang berdiri 7 hari 7 malem, nah abis lahiran ini b*k*ngku yang sakit alias panas kayak orang yang duduk aja 7 hari 7 malem ga berdiri-berdiri...aku ga ada tenaga buat sekedar duduk aja...mungkin karena aku kelaperan, malemnya cuman maem dikit...aku tertidur diruang bersalin itu...bangun2 udah jam 5an...sama suster mo dipindahin ke kamar rawat biar lebih enak...
Ayah nanya apa aku kuat??? aku bilang kuat walopun sedikit pusing...aku coba duduk, masih kuat walo sedikit pusing...trus waktu aku coba berdiri mo pindah dari tempat tidur ke kursi roda lha kok aku tiba2 pusing banget n akhirnya aku pingsan...semuanya panik...setelah sadar aku tetep kekeuh mo ke kamar aja soalnya diruang bersalin dingin n tempat tidurnya ga enak...ati2 banget waktu mo pindah itu...waktu udah dikursi roda n lagi didorong aku pusing lagi...bangettt...mo pingsan lagi...ayah megangin aku karena mo jatuh dari kursi...karena ga memungkinkan pindah ke kamar rawat yang di lantai 3 akhirnya aku ditaruh diruang observasi...ruang observasi ini sebelahan sama ruang bersalin di lantai 1...diruang observasi aku disuruh istirahat n tidur lagi...bangun jam 7...aku mengumpulkan kekuatan n kesadaran tapi kok ya tetep masih pusing banget...aku liat ayah tertidur dikursi disamping tempat tidurku...kasihan pasti ayah kecapekan...dari kemaren ga tidur n ga maem...
Karena masih pusing aku tidur lagi, jam 9 aku bangun ayah udah bangun n lagi ngobrol ma ibu...aku bilang ke ayah kalo aku udah kuat n pengen ke kamar...
Setelah dicek kondisiku n ditensi ma suster aku dibolehin pindah ke kamar...
Aku pusing tadi mungkin gara2 aku pendarahan banyak waktu abis ngelahirin jadinya aku kekurangan darah...
Ahhh...lega sekali udah pindah ke kamar, bisa nyantai n lebih enak istirahatnya ga lama kemudian dede' diantar ama suster ke kamar...senengnya ngeliat dede'...rasa sakit rasanya langsung ilang
Hmmm...unforgetable moment

Thanks to Allah yang sudah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses persalinanku ini...Engkau sangat menyayangiku Allah...
Thanks to my lovely husband yang udah menemaniku dari awal sampe akhir proses...kehadiran, support n doa ayah sangat membantuku melewati masa2 yang aku sendiri sebenernya ga yakin akan kuat menjalaninya...maaf ya yah kalo tangan ayah sakit aku remas n pluntir2 ...luv u so much...muuuaaaccchhh
Thanks to my parents for support, doa dan restunya...
Thanks to dokter Arju Anita SPOG, para bidan n suster di RS JMC yang sudah sangat baik n sabar membantuku dalam proses persalinan ini
Thanks to all my family n my friends atas doa n dukungannya juga...

Pesenku buat para suami, kalo situasi n kondisinya memungkinkan ntar kalo istrinya mo melahirkan ditemenin ya dari awal sampe akhir prosesnya...kehadiran, doa n dukungannya sangat dibutuhkan oleh sang istri yang sedang berjihad mempertaruhkan nyawanya, antara hidup dan mati ...bikinnya aja bareng2 ngelahirinnya juga harus bareng2 dunk

Cerita2 lainnya masih yang seputar lahiran akan segera menyusul hehehe...

No comments: