Thursday, October 23, 2008

Cerita Mudik...

Udah basi ya sebenere kalo mo cerita tentang mudik??? tapi biarin wis
Eh iya sebelumnya, mumpung masih di bulan Syawal kami sekeluarga mengucapkan
"Selamat Idul Fitri 1429H, Maaf Lahir Batin yaaa...."

Kami mudik tgl 27 Sept, mudik kali ini adalah mudik pertamaku dengan status udah jadi istri n calon ibu...karena udah punya misua, makanya mudiknya sekarang harus dibagi 2, kerumah sendiri n ke rumah mertua...tujuan pertama mudik ke Lumajang dulu (tgl 27 Sept - 1 Okt) trus lanjut ke Malangnya tgl 1 -5 Okt...Sabtu jam 2 siang kita udah nyampe dibandara padahal jadwal pesawatnya masih jam 4, terlalu semangat untuk mudik nih hehehe...Alhamdulillah pesawatnya Ontime, sehingga nyampe Surabaya pas banget sama maghrib n bisa buka puasa dulu disana...Selama dipesawat tadi dede' pinter banget, ga rewel n ga bikin bundanya ini ga nyaman...enjoy aja gitu...malahan dede' aktif banget gerak2...seneng kayaknya dede' mo diajak mudik di Juanda sudah menunggu Ibu, Paklik, Bulik n sepupu2ku yang ngejemput kita...
Waktu mudik kemaren kondisi ayah kurang fit, soalnya ayah sering ada kerja malem diminggu2 sebelumnya...abis kerja normal, ayah berangkat ngantor lagi jam 10an malem, pulangnya biasanya pas waktu sahur jam 3 - 4an gitu , jadinya ya gitu deh badannya ngedrop, selama perjalanan dari Surabaya ke Lumajang ayah tidur terus dimobil...
Besoknya sakit ayah tambah menjadi, seharian ayah ga bangun dari tempat tidur, disuruh batalin puasa n minum obat ga mau, diajak kedokter emoh, akhirnya aku kerokin aja deh, n akhirnya malemnya ayah di"jamoni" sama ibu...
Hari minggu itu dirumah lagi ada acara selamatan, kalo istilah ditempatku sana se selamatan untuk "nampani riyoyo" jadi aku ikut bantu2 "ater2" ketetangga2 sekitar dirumah...
Hari senin Alhamdulillah kondisi ayah sudah mendingan setelah malemnya dijamoni sama ibu ...manjur juga jamunya, padahal sebelum2nya ayah ga pernah minum jamu katanya...Karena kondisi ayah sudah membaik n dirumah juga ga ngapa2in, hari senin itu kita sowan ke rumahnya "Mak" (sebutanku untuk ibunya bapak)...
Dede' diajak mudik kayaknya sueneng banget soale selama dirumah aktif banget geraknya, mungkin karena dirumah banyak sodaranya yang lagi ngumpul, biasanya cuman berdua tok ma ayah n bundanya...dirumahku juga hawanya itu dingin ga panas kayak Jakarta, airnya aja kayak air es...mandi pagi baru berani jam 9an, kalo udah diatas jam 4 udah ga berani deh kalo mo mandi sore ...masalah maeman, terjamin deeehhh, mau maem apa tinggal bilang sama ibu n "Mbah" (sebutanku untuk ibunya ibu), pokoknya yang aku masih ga bisa masaknya, dipuas2in deh maemnya waktu dirumah...Oh iya karena jarak rumahku lumayan deket sama KUD yang produksi susu sapi murni, sewaktu mudik kemaren susu buatku diganti sama susu sapi murni...enaaakkk banget...dede' kayaknya juga suka, soale dalam sekali minum bisa habis stengah liter langsung ...
Waktu lebaran, dirumah ruameee banget, semua anak + mantu + cucu + cucu mantu + cicitnya mbah ngumpul tumplek blek dirumah, lebih kalo 50 orang...seneng banget rasanya kumpul ma keluarga...Abies sholat Ied, sungkeman, maem2 n lanjut ke "pesarean" trus lanjut langsung silaturahmi ke rumah mbah2 n sodara2 lainnya...Di Senduro, dari Senduro atas sampai bawah, hampir semuanya masih terbilang sodara, jadi yang dikunjungi waktu lebaran kemaren ya banyak...itupun ga semua sempet dikunjungi soale selain akunya juga udah capek, aku juga blom siap2 / packing buat siap2 ke Malang rabu sorenya...
Waktu aku packing sorenya, ibuku ngeliatin n bilang "yhuuunggg wis toto2 rek, wis ate budal maneh, durung tuwuk koyok'e mulih...durung bubu' karo aku pisan"...hiksss, ibu bilang gitu aku jadi mo nangis ...aku juga pengen sebenere lama2 dirumah, pengen "kelon" sama ibu, tapi ya gimana lagi, cuti kita cuman seminggu, dan itu harus dibagi Lumajang n Malang...Akhirnya waktu sore mo berangkat ke Malang waktu aku pamitan ma keluarga aku jadi sesenggukan dehhh...aku meluk ibu kencenggg banget sambil nangis...cengeng ya...tapi ya namanya juga baru pertama kali...di jalan ayah yang bertugas nenangin aku, n ngerelain bajunya basah kena airmata n ingusku hihihi
Eh iya...lebaran kemaren itu, aku masih juga dibeliin baju baru lho sama ibu, masih sama kayak lebaran2 sebelumnya...tapi kali ini ibu nambah beli bajunya, soale mantunya alias ayah juga dibeliin baju koko baru

Nyampe diMalang rabu malem, seneng lagi hati ini soale ngumpul sama keluarga lagi...keluargaku sama keluarga ayah ini adalah keluarga besar, sodara2ne buanyakkk...nyampe rumah banyak banget sodara2 ayah lagi ngumpul...sungkeman trus ngobrol2 bentar, abis itu aku langsung istirahat soale punggungku udah capek perjalanan 3-4 jam dari Lumajang ke Malang tadi...
Hari kamis, kita sekeluarga ke rumah budhenya ayah di Singosari, soale disana lagi ada acara reuni keluarga...Dirumah budhe Singosari ini enakkk banget, rumahnya deket ama sawah n sungai2 kecil, jadinya waktu kesana aku n ayah main2 kesawah n sungainya...kita kenalin dede' sama sawah n sungai, ya maklum lah dede' blom pernah ngeliat sawah n sungai yang jernih airnya n ada ikan2 kecilnya...di Jakarta ga ada sawah se, kalo sungai se ada tapi airnya "butek" n isinya sampah
Hari Jumat kita ke Matos , rencananya se pengen ngeliat film Laskar Pelangi, waktu masih di Jakarta pengen nonton kok ya ga sempet n udah full terus bioskopnya, makanya kita memutuskan nonton di Malang aja...ehhh nyampe Matos kok ya sama aja, tiket untuk film itu udah abis...ga jadi lagi deh ...tapi sekarang kita udah nonton lho, itupun tiketnya diantriin ma mas habibi, matur suwun ya mas... emang T.O.P filmnya, ga heran deh kenapa tiketnya laku keras...
Hari Sabtu kita ke Sawojajar, mo kesekolah kita dulu, ayah ada kumpul2 sama angkatannya Asrama8 n aku juga mo ngumpul ma anak2 angkatanku Fosil X...nyampe disekolah lha kok masih sepi, ada juga bapak2 CS penjaga sekolah, ga nyangka lho ternyata mereka masih inget ma kita...akhirnya ngobrol2 dulu ma mereka ...abis itu karena temen2nya ayah cuman dikit yang dateng kita memutuskan untuk ke rumah bulik n budhenya ayah dulu yang di Sawojajar, soale blom sempet ketemu kemaren...Setelah dari sana kita lanjut ke rumahnya runnie, anak2 Fosil X ngumpulnya disana, tapi anak2 juga cuman dikit yang dateng , tapi senengnya disana bisa ketemuan ma sohibku Yulia , beda banget sekarang dia, udah keliatan dewasa , n sekarang katanya udah jadi dosen...sekitar jam 3an kita pamitan pulang, soale udah janji mo keluar jalan2 ma ayah n ibu...
Minggunya, kita harus pulang ke Jakarta lagi ...jam 7 pagi travel dari Malang ke Juanda udah dateng...akhirnya kita dengan berat hati harus balik dehhh...ehhh, di Juanda keinget ama fresh milk dirumah ...dirumah Lumajang masih ada sekitar 1 liter, dirumah Malang masih ada sekitar stengah liter...di Jakarta sini ada yang tau ga ya yang jualan fresh milk??? yang masih fresh, tanpa campuran air / santan...pernah dikasih tau sama Aning se katanya di Kuningan di belakang gedung Granadi ada, tapi aku masih blom coba kesana...

Diajak pulang balik ke Jakarta kayaknya dede' ga mau, soale waktu nyampe Jakarta dede' banyak diemnya, ga tau jet lag karena naik pesawat apa karena ngambek pokoknya kalo gerak ga seaktif waktu dirumah kemaren...aku sampe takut dede' kenapa2, pulang ke Jakarta hari minggu dede' baru aktif geraknya hari rabu, masa' kalo jet lag sampe 3 hari??? mungkin karena dede' penyesuaian lagi kali ya dengan hawa panas Jakarta...eh iya, gara2 mudik kemaren juga dalam seminggu BBku langsung naik hampir 3kg lho ...ini merupakan rekorku, soale dalam seminggu bisa naik sedrastis itu, biasanya kalo di Jakarta naik 1kg dalam sebulan aja susahnya minta ampun...

Eh iya, Alhamdulillah bulan Ramadhan kemaren aku bisa full puasanya 30 hari , dede' hebat banget, kuat bunda ajak puasa padahal masih kecil n imut didalem perutnya bunda...thanks ya de'...ini merupakan puasa fullnya bunda yang pertama selama 8 tahun terakhir ini alias setelah bunda baligh hehehe...

No comments: