Tuesday, April 15, 2008

Lupis...

Lupis apa Lopis ya yang bener???
Itu loohhh makanan yang kalo ga salah terbuat dari beras ketan n maemnya dikasih parutan kelapa plus gula merah...ada yang masih inget ga???
Naahhh ternyata di Jakarta ini ditengah2 laris manisnya BreadTalk, Jesslyn K-Cakes, Pizza Hut delele pokoknya makanan2 import lainnya lah aku ga ngerti apa aja macemnya, masih ada loh yang berjualan Lupis, makanan tradisional asli Indonesia saluuttt...

Dipertigaan deket pangkalan ojek sebelah Menara Bidakara Pancoran, ada ibu2 yang jualan Lupis, usianya mungkin sekitar 40an, aku ga ngerti jualannya dari jam berapa yang aku n suami tau sampe kita pulang kantor (diatas jam 7 n 8 malem) ibu itu masih saja menggelar dagangannya...Tempat n alat untuk berjualan sangat sederhana hanya diatas rombong / gerobak dorong, bercahayakan lilin n sedikit tersinari dengan lampu jalan atau lampu2 kendaraan yang lewat...Dari sisi harga menurutku sangat amat terjangkau, perpotongnya hanya seribu rupiah saja, satu lupis (1 gulung) bisa menjadi 12 potong yang mungkin jika dibandingkan dengan kue2 yang ada dimall2 megah uang segitu hanya cukup untuk membayar PPNnya...

Tiap pulang kantor aku n suami mesti lewat didepannya...Suamiku sambil nyetir biasanya noleh kerombong / gerobak jualannya...dia lihat n hitung lupis2 yang masih tersisa...mungkin kelihatannya iseng tapi kayaknya udah jadi kebiasaan kita hampir tiap hari
Jika kita lihat Lupisnya udah tinggal dikit kita brasa seneeenggg banget, kayak semalem waktu pulang kantor waktu lewat didepan ibu itu suamiku lihat lupisnya udah tinggal 2 gulung, trus dia bilang ke aku "sayang udah tinggal 2 gulung, 24ribu lagi...alhamdulillaaahhh yaaa "...
Tapi jika masih tersisa banyak, kita jadi ikut sedih ...walo kita udah kenyang makan malam tapi kalo kita rasa masih bisa lah untuk maem lupis, kita mesti usahain beli...kasian soalnya udah malem masih terus jualan...Pernah waktu kapan hari kita lewat depannya kok kita lihat masih ada lebih dari 8 gulung lupisnya...kasihan sebenere tapi kita waktu itu udah kenyang banget...sambil lewat depannya aku doain semoga laris n cepet abis malam ini lupisnya...ehhh sekitar 100 meter setelah kita lewat depannya suamiku bilang "sayang kita beli lupisnya yuk?" waduh aku bilang kalo udah kenyang tapi kata mas yogi gpp kita beli stengah gulung aja dimaem sebagian dulu sisanya ditaruh kulkas, masih bisa dimaem besok pagi kan? kasihan udah malem masih banyak...iya wis...aku menyetujui suamiku...

Pernah waktu ibuku kesini, suamiku beliin ibu lupis, ibuku kaget n bilang..."waaahhh...ternyata diJakarta masih ada ya yang jualan Lupis" hehehe...ibuku heran aja dikota segede ini masih ada yang jualan gituan

Ditengah2 banyaknya makanan yang katanya "modern" n "highclass" ternyata masih ada yang bertahan dengan berjualan makanan tradisional...salut aku sama ibu penjual lupis itu semoga jualannya laris terus ya bu

Ahhh...Jadi pengen beli lupis malam ini...beli yukkkk

No comments: